Kriteria Properti Ini yang Diincar oleh Milenial dan Gen Z

HALOSMI.ID- Generasi Milenial dan Gen Z Mulai menunjukkan ketertarikannya untuk memiliki dan membeli properti rumah meskipun ekonomi mereka belum stabil.

Riset 99 Group menunjukkan minat milenial dalam membeli rumah mencapai 64,4%. Sedangkan untuk Gen Z, minat untuk membeli hunian pertama sebesar 64,6%. Tak hanya sebagai tempat tinggal, anak muda juga tertarik membeli rumah sebagai salah satu instrumen investasi.

Gen Z & Milenial Lebih Suka Rumah Tapak Ketimbang Apartemen

Gen Z maupun milenial memiliki pola ketertarikan yang sama terhadap properti. Keduanya sama-sama memilih rumah tapak atau rumah tunggal dibandingkan apartemen. Hal ini merujuk pada hasil riset yang dilakukan 99 Group.

Untuk Gen Z, minat terhadap rumah tapak sebesar 64,4 persen, sedangkan untuk apartemen tingkat peminatannya hanya 9,0 persen. Di sisi lain, minat milenial akan tipe properti rumah tapak tercatat sebesar 64,5 persen, dan hanya 9,4 persen yang berminat untuk membeli apartemen.

Lokasi Rumah Favorit Gen Z dan Milenial

Lokasi tentu menjadi faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah atau properti. Mayoritas Gen Z menyukai rumah yang dekat dengan pusat kota.

Gen Z & Milenial Incar Properti di IKN

Rupanya ada lokasi lain yang juga diminati anak muda untuk berinvestasi properti, yaitu di daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Mereka menilai ada peluang investasi properti dengan melihat prospek perkembangan kawasan IKN di masa depan. Terutama mengingat berbagai proyek pengembangan infrastruktur hingga fasilitas publik yang direncanakan.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Rumah123, pada periode Januari-April 2024 pencari properti di IKN didominasi kalangan muda dengan rentang usia 18-34 tahun.

Rinciannya, di Balikpapan (56,9%), Kutai Kartanegara (71,4%), Penajam Paser Utara (48,5%), dan Samarinda (56,4%).

Di sisi lain, pencari properti di IKN juga diikuti oleh orang-orang yang berusia 35-64 tahun. Rinciannya di Balikpapan (42,8%), Kutai Kartanegara (28,6%), Penajam Paser Utara (51,5%), dan Samarinda (43,6%).

Itulah tadi gambaran cara pandang anak muda dalam memilih properti untuk dijadikan investasi. Secara umum, baik generasi Z maupun generasi milenial memiliki selera yang mirip terkait preferensi properti yang hendak dibeli.

Namun yang terpenting, saat ini semakin banyak generasi muda yang melek akan pentingnya mempunyai hunian pertama. Sayangnya, tidak jarang yang ragu membeli rumah baik untuk tempat tinggal maupun investasi, karena melihat harga properti yang kian melambung.